Skip to content

Saat Nggak Ada APAR, Gunakan Alat Pemadam Api Tradisional!

Saat Nggak Ada APAR, Gunakan Alat Pemadam Api Tradisional!

Nggak ada APAR saat kebakaran? Tenang, kamu bisa menggunakan alat pemadam api tradisional untuk mengatasi kebakaran saat situasi darurat. Apa aja sih alat pemadam tradisional yang efektif memadamkan kebakaran? Yuk, cari tahu!

Pakai Alat Pemadam Api Tradisional Saat Darurat, Efektif Ga Ya?

Saat kebakaran, kita harus bergerak cepat untuk memadamkannya agar api tidak semakin merambat ke area lainnya. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) bisa digunakan untuk membantu memadamkan api dengan cepat dan efektif.

Namun, bagaimana kalau saat kebakaran tidak ada APAR? Apakah harus dibiarkan begitu saja dan menyebabkan kebakaran semakin besar? Tenang, kamu masih bisa melakukan upaya pemadaman dengan alat pemadam api tradisional.

alat pemadam api tradisional yang efektif padamkan kebakaran

Alat pemadam api tradisional adalah peralatan atau bahan-bahan yang digunakan secara manual untuk memadamkan kebakaran. Alat-alat tersebut umumnya mudah ditemukan di sekitar kita, seperti air, daun, pasir, kain basah, karung goni, dll.

Beberapa alat pemadam api tradisional mungkin efektif untuk memadamkan kebakaran yang relatif kecil. Lantas, bagaimana kalau kebakaran yang terjadi cukup besar. Pada situasi kebakaran yang lebih besar dan berbahaya, alat pemadam tradisional tidak disarankan.

Apalagi jika kebakaran yang terjadi melibatkan bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya. Penggunaan alat pemadam api tradisional mungkin tidak efektif, bahkan berbahaya bagi pengguna. Jadi, sangat penting untuk menganalisis situasi terlebih dahulu sebelum beraksi.

Meski begitu, pengetahuan tentang alat pemadam api tradisional tetap penting. Ini sangat berguna ketika kamu berada dalam situasi darurat dan tidak ada alat pemadam modern yang tersedia.

5 Jenis Alat Pemadam Api Tradisional dan Cara Menggunakannya

Meskipun alat pemadam api tradisional tidak se-efektif APAR dalam memerangi kebakaran, namun alat ini tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama dalam situasi darurat saat tidak ada APAR yang tersedia. Lalu, apa saja alat pemadam tradisional yang bisa digunakan?

1. Air

alat pemadam api tradisional dan fungsinya

Sejak dulu sampai sekarang, air masih menjadi bahan yang bisa diandalkan untuk memadamkan kebakaran. Ember, kaleng, atau wadah lain berisi air bisa digunakan untuk memadamkan api dengan cara menuangkan air langsung ke area kebakaran.

Air yang menguap di atas permukaan bahan yang terbakar akan mengurangi suhu dan mendinginkan material tersebut. Api membutuhkan sumber panas untuk terus berkobar. Saat sumber panas hilang atau berkurang, otomatis api akan padam.

2. Daun dan Tanaman

Daun kelapa atau daun besar yang lebar bisa kamu gunakan untuk memukul api dan menutupi area yang terbakar. Alat pemadam api tradisional ini dapat membantu mengurangi pasokan oksigen, sehingga api yang berkobar akan padam.

Tanaman hijau yang memiliki banyak air di dalam daunnya juga cukup efektif untuk menutupi api dan mengurangi suhu permukaan. Saat terkena api, air dalam daun akan menguap dan bisa membantu memadamkan api.

3. Pasir

alat pemadam api tradisional dari pasir

Selain air, kamu juga bisa memanfaatkan pasir di sekitar untuk memadamkan api yang berkobar. Memangnya pasir bisa buat madamin api? Bisa dong! Pasir dapat memadamkan api dengan cara menutupi api, sehingga mengurangi pasokan oksigen.

Selain mengisolasi oksigen, alat pemadam api tradisional ini juga memiliki kemampuan untuk mendinginkan material yang terbakar. Bahkan, pasir juga mampu menyerap cairan, termasuk minyak atau bahan bakar lain yang mungkin menjadi sumber kebakaran.

Cara menggunakan pasir untuk memadamkan api adalah sebagai berikut:

  • Siapkan pasir dengan jumlah yang cukup untuk memadamkan api.
  • Taburkan atau lemparkan pasir secara merata di atas api dengan hati-hati.
  • Cobalah untuk menutupi api dengan lapisan pasir yang cukup tebal.
  • Perhatikan apakah api sudah benar-benar padam atau berkurang.
  • Jika perlu, tambahkan pasir sampai api padam sepenuhnya.

4. Kain Basah

Kain yang ada di dalam rumah bisa digunakan dalam situasi darurat untuk membantu memadamkan api. Namun, kain tersebut harus dibasahi terlebih dahulu dengan air. Alat pemadam api tradisional dari kain basah berfungsi untuk menutup area terbakar akan memutus pasokan oksigen ke api.

Kain memiliki kemampuan untuk menyerap air. Kondisi kain yang basah akan membantu mendinginkan permukaan yang terbakar, sehingga mengurangi suhu api. Saat pasokan oksigen berkurang dan suhu turun, maka api akan padam.

5. Karung Goni

alat pemadam api tradisional dari karung goni

Jika terjadi situasi darurat dan tidak ada APAR, karung goni juga bisa dimanfaatkan untuk memadamkan kebakaran. Saat diletakkan di atas api, alat pemadam api tradisional ini akan menghentikan pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh api untuk reaksi pembakaran.

Karung goni yang terbuat dari serat alam memiliki kemampuan untuk menyerap air. Jika karung direndam dengan air, maka bisa membantu mendinginkan permukaan yang terbakar. Dengan begitu, maka suhu api akan berkurang dan membuat api jadi padam.

Cara menggunakan karung goni untuk memadamkan api adalah sebagai berikut:

  • Basahi karung goni dengan air jika ada, untuk menambah efektivitasnya.
  • Letakkan karung goni yang sudah basah di atas material yang terbakar untuk menutupi api. Pastikan seluruh permukaan api sudah tertutup oleh karung goni.
  • Amati apakah kebakaran sudah padam atau api berkurang.
  • Jika perlu, ulangi cara di atas untuk memastikan bahwa api benar-benar padam.
  • Segera keluar dari area tersebut dan hubungi layanan pemadam kebakaran secepatnya.

Fire Blanket: Karung Goni Versi Modern yang Lebih Efektif Padamkan Kebakaran

alat pemadam api fire blanket berkualitas

Selimut pemadam api atau dikenal dengan fire blanket bisa dikatakan sebagai bentuk modern dari karung goni. Alat pemadam kebakaran ini dibuat dari material yang tahan terhadap panas tinggi, sehingga lebih aman dan efektif untuk memadamkan api.

Cara menggunakan fire blanket adalah dengan meletakkannya di atas sumber api atau objek yang terbakar dengan hati-hati. Hal ini akan mengisolasi oksigen dan menghentikan pasokan udara yang diperlukan dalam reaksi pembakaran.

Biasanya, fire blanket dilengkapi dengan tali atau pegangan yang akan mempermudah penggunaan. Bentuknya yang ringkas dan mudah dilipat juga mempermudah penyimpanannya. Fire blanket bisa disimpan di sekitar rumah maupun lingkungan kerja.

Jadi, fungsi dan cara menggunakan fire blanket ini mirip seperti alat pemadam api tradisional, yaitu karung goni. Bedanya, fire blanket dirancang khusus untuk memadamkan kebakaran. Alat ini diproduksi dari bahan tahan api, seperti fiberglass yang mampu menahan panas hingga suhu 550 – 600°C.

Daripada repot mencari alat pemadam api tradisional saat kebakaran, ada baiknya untuk menyediakan fire blanket saja. Fire blanket siap digunakan saat darurat, misalnya ketika terjadi kebakaran pada kompor di dapur rumah atau kebakaran kecil lainnya.

Yuk, Sedia APAR Biar Lebih Aman Saat Kebakaran!

Alat pemadam api tradisional memiliki keterbatasan, sehingga tidak disarankan untuk digunakan dalam situasi kebakaran yang lebih besar dan berbahaya. Metode pemadaman sederhana dengan air, pasir, dan daun hanya berfungsi untuk kebakaran yang relatif kecil.

Agar pemadaman lebih aman dan efektif, sangat disarankan untuk menyediakan alat pemadam api modern, seperti APAR. APAR menggunakan bahan pemadam api khusus, sehingga efektif untuk memadamkan situasi kebakaran.

alat pemadam api powder garansi 5 tahun

APAR Powder DOB bisa kamu andalkan untuk mengatasi kebakaran. Menggunakan media pemadam api berkualitas, APAR DOB mampu memadamkan api dalam hitungan detik. Media dry chemical powder yang digunakan bisa memadamkan kebakaran kelas A, B, C.

Alat pemadam api DOB tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, yaitu 1 kg, 3 kg, 6 kg, dan 9 kg. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Tentu saja, harga APAR powder DOB juga terjangkau, jadi tetap ramah di kantong.

DOB juga merupakan APAR canggih karena bisa terkoneksi ke smartphone. Tabung APAR DOB dilengkapi QR code yang bisa kamu scan menggunakan aplikasi Firecek. Firecek akan memudahkanmu untuk memantau, mengatur, dan melakukan inspeksi alat pemadam api.

Nah, itu dia penjelasan tentang jenis alat pemadam api tradisional. Jika ingin lebih aman dari kebakaran, pastikan kamu menyediakan APAR yang memang dikhususkan untuk memadamkan api secara cepat. Yuk, beli APAR DOB di sini biar lebih aman saat kebakaran!

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0