Skip to content

Keren! Alat Pemadam Kebakaran untuk Hotel Bisa Terkoneksi HP

Keren! Alat Pemadam Kebakaran untuk Hotel Bisa Terkoneksi HP

alat pemadam kebakaran untuk hotel teruji efektif padamkan api hitungan detik

Dalam industri perhotelan, memastikan keamanan tamu dan staf dari ancaman kebakaran adalah prioritas utama. Salah satu alat pemadam kebakaran untuk hotel yang sangat vital adalah APAR. Lalu, apa jenis APAR yang cocok untuk hotel? Yuk, kita bahas bersama!

Pentingnya Alat Pemadam Kebakaran untuk Menjamin Keselamatan Hotel

Di lingkungan perhotelan, keselamatan tamu dan staf merupakan salah satu prioritas tertinggi. Setiap hotel harus dilengkapi dengan langkah-langkah keselamatan yang memadai untuk menghadapi berbagai risiko, salah satunya adalah risiko kebakaran.

alat pemadam kebakaran untuk hotel serbaguna untuk kebakaran kelas A B C

Risiko kebakaran di hotel cukup tinggi karena beberapa faktor yang berkaitan dengan karakteristik operasional dan struktur fisik hotel tersebut. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa risiko kebakaran di hotel relatif tinggi:

  • Memiliki banyak kamar dan fasilitas yang digunakan secara intensif oleh banyak orang.
  • Memiliki dapur dan penggunaan peralatan memasak yang intensif, seperti Kebakaran Dapur Hotel Novotel.
  • Menggunakan berbagai peralatan listrik dan mekanis, seperti pemanas ruangan, AC, dan lift.
  • Dekorasi dan perabotan di hotel sering menggunakan bahan yang mudah terbakar, seperti tirai, karpet, dan furniture.
  • Tamu hotel mungkin tidak selalu menyadari atau mematuhi peraturan keamanan kebakaran.
  • Struktur hotel yang besar dan kompleks sering menyulitkan dalam hal evakuasi dan respons darurat.
  • Menyimpan berbagai bahan kimia pembersih dan pelarut yang dapat menyebabkan kebakaran jika tidak ditangani dengan benar.
  • Hotel sering melakukan renovasi dan perbaikan yang mungkin melibatkan pengelasan dan penggunaan alat yang bisa memicu api.

Dengan tingginya risiko tersebut, maka penting menyediakan alat pemadam kebakaran untuk hotel. Kebakaran di hotel dapat berkembang sangat cepat dan ketersediaan APAR dapat mengatasi kebakaran sebelum tim pemadam kebakaran tiba.

APAR memungkinkan staff dan tamu hotel untuk segera merespon kebakaran kecil sebelum tak terkendali. Penggunaan alat pemadam kebakaran untuk hotel yang efektif bisa mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh api, menghemat biaya perbaikan dan pemulihan yang signifikan.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran untuk Hotel Sesuai Risiko dan Kebutuhan

Dalam industri perhotelan, keselamatan kebakaran adalah prioritas yang tidak dapat ditawar. Salah satu elemen kunci dalam strategi pencegahan kebakaran di hotel adalah pemilihan APAR yang tepat. Ini karena ada banyak jenis alat pemadam kebakaran untuk hotel dengan kegunaan yang berbeda.

Setiap area di hotel memiliki risiko dan kebutuhan yang berbeda, sehingga memilih jenis APAR yang sesuai sangat krusial. Setiap jenis APAR memiliki kemampuan masing-masing dalam memadamkan kebakaran. Berikut adalah jenis-jenis APAR untuk hotel dan fungsinya:

1. APAR Powder

alat pemadam kebakaran untuk hotel media powder masa expired 5 tahun

Keefektifan APAR powder dalam melawan kebakaran kelas A, B, dan C membuatnya menjadi pilihan yang sangat serbaguna untuk hotel. Apowder sangat cocok untuk ditempatkan di lobi, kamar tamu, gudang penyimpanan, atau parkir kendaraan.

Media powder pada APAR ini bekerja dengan cara mengisolasi api dari oksigen yang dibutuhkan untuk pembakaran. Selain itu, media pemadam ini juga mendinginkan bahan yang terbakar dengan efek pendinginan yang dihasilkan ketika serbuk bereaksi dengan api.

2. APAR Foam

Jenis alat pemadam kebakaran untuk hotel ini mengeluarkan busa yang membentuk lapisan isolasi pada bahan yang terbakar, sehingga mencegah oksigen mencapai api. APAR foam efektif untuk memadamkan api kelas A dan B, terutama cairan yang mudah terbakar.

Rekomendasi tempat pemasangan APAR foam adalah pada area servis dan binatu di hotel. APAR media foam sangat berguna di lokasi tersebut di mana kemungkinan terjadi tumpahan cairan yang mudah terbakar. APAR ini tidak direkomendasikan untuk kebakaran kelas C.

3. APAR CO2

alat pemadam kebakaran untuk hotel garansi 5 tahun

APAR CO2 menggunakan gas karbon dioksida yang memadamkan api dengan mengurangi oksigen dan mendinginkan area yang terbakar. Jenis APAR ini tidak meninggalkan residu, sehingga cocok untuk peralatan yang sensitif terhadap kerusakan oleh residu kimia.

Karena tidak meninggalkan residu sedikitpun, alat pemadam kebakaran untuk hotel media CO2 sangat direkomendasikan untuk area dengan banyak peralatan elektronik dan teknologi informasi karena tidak merusak komponen elektronik, seperti di ruang pusat data hotel.

Baca juga: Perbedaan APAR Powder dan CO2 yang Harus Diketahui

4. APAR Liquid Gas

APAR liquid gas menggunakan gas cair yang ketika disemprotkan akan langsung menguap dan mengubah menjadi gas. Gas ini bekerja dengan cara mengusir oksigen dari sekitar api, mengurangi konsentrasi oksigen di udara tanpa meninggalkan residu.

Kelebihan alat pemadam kebakaran untuk hotel jenis ini adalah tidak menyebabkan kerusakan tambahan pada peralatan sensitif. Hal ini membuatnya ideal untuk digunakan pada peralatan elektronik dan komputer yang banyak ditemukan di area resepsionis, pusat data, dan ruang pertemuan hotel.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran untuk Hotel yang Tepat & Efektif

Pengenalan APAR kepada seluruh staf hotel sangat penting. Setiap staf harus memahami jenis APAR yang tersedia di hotel, termasuk lokasi dan fungsi spesifiknya. Selain itu, pelatihan reguler harus diadakan yang mencakup aspek-aspek berikut:

  • Cara mengidentifikasi jenis kebakaran: Mengenali bahan yang terbakar untuk menentukan jenis APAR yang tepat untuk digunakan.
  • Pengoperasian APAR: Teknik dasar mengarahkan nozzle, melepas pin pengaman, dan menyemprotkan media pemadam ke sumber api.
  • Posisi berdiri yang aman: Menjaga jarak yang aman dari api dan memastikan bahwa pengguna tidak terpapar asap atau panas berlebih.

alat pemadam kebakaran untuk hotel mudah digunakan

Dalam menggunakan APAR, ada teknik khusus yang disebut dengan P.A.S.S (Pull, Aim, Squeeze, Sweep). Menggunakan teknik ini penting agar pemadaman berjalan efektif. Berikut langkah-langkah menggunakan alat pemadam kebakaran untuk hotel:

  • Pull: Tarik pin pengaman yang terdapat pada pegangan APAR. Pin ini mencegah APAR tidak sengaja diaktifkan. Pastikan untuk menarik pin ini dengan tegas untuk membebaskan mekanisme pengunci.
  • Aim: Arahkan nozzle atau ujung semprot APAR ke dasar api, bukan ke atas nyala api. Berdirilah dengan posisi yang stabil dan pastikan kamu berada pada jarak aman sekitar 3-5 meter dari api.
  • Squeeze: Tekan tuas pemadam dengan menggunakan kedua tangan agar lebih stabil dan kuat. Pemadaman harus dilakukan secara hati-hati dan terkendali. Tekanan ini akan melepaskan kandungan bahan pemadam api.
  • Sweep: Sambil tetap menekan tuas, gerakkan semprotan secara menyapu dari sisi ke sisi di dasar api. Gerakan menyapu ini penting untuk memastikan bahwa seluruh dasar api tercakup oleh bahan pemadam.

Saat menggunakan APAR, selalu perhatikan keselamatan diri sendiri. Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari inhalasi asap. Jika situasi menjadi tidak terkendali, segera tinggalkan area dan panggil bantuan darurat.

Pemahaman dan latihan rutin mengenai penggunaan APAR sangat penting, terutama dalam lingkungan hotel. Dengan pelatihan yang tepat, staf dapat bertindak cepat dalam situasi darurat, membantu mencegah kerusakan lebih besar dan melindungi nyawa.

Inovasi Alat Pemadam Kebakaran untuk Hotel Bisa Kirim Notifikasi APAR Expired di Smartphone

alat pemadam kebakaran untuk hotel media powder kualitas terbaik

Inovasi terbaru dalam teknologi APAR membawa kabar baik bagi industri hotel. Terutama dengan kehadiran APAR powder DOB yang tidak hanya efektif untuk kebakaran kelas A, B, dan C, tetapi juga ekonomis dan canggih. APAR ini disebut canggih karena bisa terintegrasi dengan smartphone.

Keunggulan utama dari alat pemadam kebakaran untuk hotel ini adalah harganya yang ekonomis. Ini membuatnya menjadi pilihan yang hemat biaya bagi hotel yang membutuhkan jumlah APAR yang cukup banyak untuk memenuhi standar keselamatan.

alat pemadam kebakaran untuk hotel teruntegrasi dengan aplikasi manajemen apar

Salah satu inovasi paling signifikan dari APAR powder DOB adalah integrasinya dengan Firecek, Aplikasi Sistem Proteksi Kebakaran No 1 di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur canggih yang meningkatkan fungsi dan kehandalan APAR, yaitu:

  • Pengecekan Keaslian Produk: Firecek memungkinkan pengguna untuk memeriksa keaslian produk APAR powder DOB, memastikan bahwa setiap unit yang dibeli dan digunakan adalah asli dan memenuhi semua standar keselamatan yang berlaku.
  • Penyimpanan Data APAR Tanpa Batas: Aplikasi ini menyediakan penyimpanan data yang tidak terbatas, memungkinkan manajemen alat pemadam kebakaran untuk hotel lebih praktis dengan smartphone di genggaman tangan.
  • Notifikasi Kadaluarsa APAR: Fitur paling revolusioner adalah kemampuan aplikasi untuk mengirim notifikasi ke ponsel pengguna ketika APAR mendekati masa kadaluarsa. Fitur ini sangat berguna untuk memastikan bahwa semua APAR di hotel selalu dalam kondisi siap pakai dan diisi ulang atau diganti sesuai kebutuhan.

Dengan menggunakan APAR inovatif ini, alat pemadam kebakaran untuk hotel tidak hanya meningkatkan keselamatan tetapi juga efisiensi operasional. Tetapi juga menjamin pengalaman menginap yang aman dan nyaman bagi semua tamu hotel yang datang.

Ditambah lagi, harga APAR powder DOB cukup ekonomis. Sangat cocok untuk industri perhotelan yang membutuhkan banyak APAR untuk memproteksi semua area. Yuk, dapatkan alat pemadam kebakaran untuk hotel harga terbaik dengan BELI DISINI!

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *