Skip to content

Fakta Menarik APAR CO2: Fungsi, Kelebihan & Cara Penggunaan

Fakta Menarik APAR CO2: Fungsi, Kelebihan & Cara Penggunaan

Alat pemadam api ringan (APAR) tersedia dalam beberapa jenis berdasarkan agen pemadam api yang digunakan. Salah satunya adalah APAR CO2. Apa fungsi alat pemadam api CO2 dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak penjelasannya.

Apa Itu APAR CO2?

APAR CO2 garansi 5 tahun

APAR CO2 adalah alat pemadam api ringan (APAR) yang menggunakan Carbon Dioxide (CO2) sebagai agen pemadam api. Umum digunakan untuk memadamkan kebakaran yang melibatkan bahan-bahan yang sensitif terhadap air dan bahan kimia lainnya.

Alat pemadam api CO2 bekerja dengan cara melepaskan gas CO2 dari dalam tabung ketika handle ditekan. Media CO2 yang keluar dari tabung akan membentuk semburan berkecepatan tinggi yang mengalirkan gas ke sumber kebakaran.

Kelebihan APAR CO2 dari Jenis APAR Lain

Sebelum membeli alat pemadam api CO2, kamu harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Ya, setiap jenis APAR memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan alat pemadam api CO2 adalah sebagai berikut:

1. Efektif Memadamkan Kebakaran Kelas B dan C

APAR CO2 efektif untuk memadamkan kebakaran yang dipicu oleh bahan bakar cair (Kelas B) dan peralatan listrik (kelas C). CO2 akan menghilangkan oksigen (O2) yang dibutuhkan pada reaksi pembentukan api, sehingga api padam dengan cepat.

APAR CO2 ramah lingkungan

APAR CO2 banyak digunakan pada lingkungan yang terdapat bahan-bahan sensitif, seperti alat elektronik, peralatan listrik, dan bahan kimia berpotensi terbakar. Beberapa area yang bisa diproteksi dengan alat pemadam api CO2 adalah sebagai berikut:

Baca juga: Klasifikasi Kelas Kebakaran A, B, C, D dan Media Pemadamnya

2. Tidak Menghantarkan Listrik

Carbon Dioxide (CO2) adalah gas non-konduktif yang tidak menghantarkan arus listrik. Alat pemadam api CO2 bisa jadi pilihan tepat untuk memadamkan kebakaran yang melibatkan peralatan elektronik atau listrik yang masih terhubung ke sumber listrik.

3. Tidak Meninggalkan Residu

APAR CO2 harga ekonomis

Sebagai bahan pemadam api, CO2 tidak meninggalkan residu yang bisa merusak maupun mengotori lingkungan dan peralatan. Sangat cocok untuk area yang terdapat alat elektronik, mesin, dan bahan lain yang sensitif terhadap air atau bahan kimia.

Baca juga: APAR Cleant Agent, Si Penjinak Api Tanpa Residu

4. Reaksi Pemadaman Cepat

Saat APAR CO2 digunakan, gas CO2 akan dikeluarkan dengan kecepatan tinggi dari dalam tabung. Gas CO2 tersebut langsung mengarah ke titik atau area yang terbakar. Hal ini memungkinkan reaksi pemadaman api berlangsung cepat dan efektif.

Lalu, Apa Kekurangan Alat Pemadam Api Ringan CO2?

Salah satu kekurangan APAR CO2 adalah tidak efektif untuk memadamkan kebakaran kelas A, yaitu kebakaran benda padat seperti kertas, kayu, kain, karet, dll. CO2 tidak memiliki kemampuan membasahi dan mendinginkan bahan bakar padat tersebut.

APAR CO2 berkualitas tidak menimbulkan residu

Alat pemadam api CO2 juga tidak bisa memberikan perlindungan pasca pemadaman. Setelah kebakaran padam, tidak ada perlindungan yang diberikan. Ini artinya, masih ada risiko kebakaran ulang jika sumber bahan bakar masih ada.

Selain itu, CO2 merupakan gas yang berat dan bisa menumpuk pada ruangan tertutup. Hal ini bisa mengurangi oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas. Jadi, sangat dibutuhkan ventilasi yang baik untuk memastikan keselamatan manusia.

Bagaimana Cara Menggunakan APAR CO2 yang Benar?

CO2 adalah jenis gas yang tidak memiliki warna dan bau. Pada konsentrasi tinggi, CO2 bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Paparan gas CO2 bisa menyebabkan kekurangan oksigen pada udara, sehingga berdampak pada kesehatan manusia.

APAR CO2 teruji lab damkar DKI jakarta

Oleh karena itu, penggunaan APAR CO2 harus dilakukan secara hati-hati. Kamu harus menggunakan alat pemadam api CO2 sesuai instruksi atau panduan yang diberikan oleh produsen. Cara menggunakan APAR CO2 adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kamu berada di area yang aman. Evaluasi situasi kebakaran dengan cepat. Lalu, tentukan apakah kamu bisa menghadapi api tersebut dengan aman menggunakan APAR CO2 atau tidak.
  • Periksa kondisi visual untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi pada tabung pemadam CO2. Pastikan tekanan APAR pada manometer dalam rentang yang aman dan bagian segel tabung tidak rusak.
  • Pegang alat pemadam api CO2 pada posisi yang tepat. Pastikan kamu mengetahui dimana lokasi katup pelepas. Pastikan juga ada jalur evakuasi yang bebas dan kamu berada pada jarak yang aman dari titik api.
  • Lepaskan katup tabung APAR CO2. Pastikan arah semburan media CO2 menghadap ke sumber api. Aktifkan katup tersebut dengan cara memutar atau menarik pegangan yang sesuai.
  • Semburkan media CO2 dengan mengarahkan nozzle APAR ke sumber bahan bakar yang terbakar. Hindari mengarahkan semburan gas CO2 langsung ke orang atau hewan di sekitar.
  • Lakukan gerakan semprot dengan tegas dan terarah ke titik api.
  • Amati apakah api sudah padam atau melemah. Jika api belum sepenuhnya padam, ulangi langkah-langkah di atas.

Jika api terlalu besar dan tidak bisa dikendalikan menggunakan APAR CO2, segera lakukan evakuasi area dan panggil petugas pemadam kebakaran setempat. Setelah kebakaran terkendali, periksa APAR kembali untuk memastikan tidak ada kerusakan.

Kapan APAR CO2 Harus Diisi Ulang?

APAR CO2 isi ulang on site service

Untuk menjaga alat pemadam api CO2 tetap siap siaga dalam kondisi darurat, penting melakukan perawatan alat pemadam kebakaran tersebut. Salah satu perawatan yang harus kamu lakukan adalah isi ulang tabung pemadam.

Alat pemadam api CO2 harus diisi ulang saat tabungnya sudah kehabisan gas CO2 setelah digunakan. Jika tekanan turun di bawah standar, alat pemadam api CO2 juga perlu diisi ulang. Jadi, sangat penting untuk memeriksa tekanan APAR CO2 secara teratur.

Kondisi yang mengindikasikan bahwa alat pemadam api CO2 harus segera diisi ulang adalah sebagai berikut:

  • Ada tanda-tanda kerusakan pada tabung APAR, seperti korosi, karat, dan kebocoran.
  • Tekanan dalam tabung turun di bawah standar yang ditentukan pada saat melakukan inspeksi APAR rutin.
  • APAR sudah pernah digunakan sebelumnya untuk pemadaman kebakaran. Terlepas dari sebanyak jumlah gas CO2 telah dikeluarkan, APAR harus tetap diisi ulang untuk memastikan kesiapannya dalam menghadapi kebakaran.

APAR CO2 refill on site service

Idealnya, isi ulang dan pengujian tabung APAR harus dilakukan oleh penyedia layanan pemadam kebakaran yang terlatih. Mereka memiliki peralatan lengkap dan pengetahuan terkait pemeriksaan dan pengisian ulang tabung APAR dengan aman.

Bromindo adalah solusi yang tepat bagi kamu yang membutuhkan layanan isi ulang tabung APAR. Nikmati layanan refill APAR on site service yang akan memudahkanmu untuk refill APAR secara praktis dan hemat biaya.

Jika ingin memproteksi area yang sensitif terhadap air atau bahan kimia lainnya, maka APAR CO2 adalah pilihan yang tepat. Pastikan kamu menggunakan alat pemadam api CO2 yang berkualitas dan teruji.

Selain APAR CO2, kamu mungkin juga perlu APAR powder yang multifungsi untuk mengatasi kebakaran kelas A, B, dan C. APAR Powder DOB siap bantu kamu melawan kebakaran secara efektif dan efisien. Yuk, beli APAR powder DOB DISINI.

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0