Skip to content

Jenis Media Pemadam Api Ringan Anti Gumpal & Expired 5 Tahun

Jenis Media Pemadam Api Ringan Anti Gumpal & Expired 5 Tahun

jenis media pemadam api ringan anti gumpal

Tau nggak sih? Setiap jenis kebakaran membutuhkan jenis media pemadam api yang berbeda, tergantung pada apa yang terbakar. Lalu, apa saja jenis-jenis media APAR dan bagaimana cara kerjanya dalam memadamkan api? Yuk, kita bahas bareng!

Fungsi Media Pemadam Api Ringan dalam Mengatasi Kebakaran

Dalam menghadapi bahaya kebakaran, kecepatan dan efektivitas tindakan yang diambil dapat menentukan perbedaan antara kerugian minimal dan bencana besar. Salah satu alat penting dalam respons kebakaran adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

jenis media pemadam api ringan kualitas terbaik

Jantung dari setiap APAR adalah berbagai jenis media pemadam api ringan yang bertugas memadamkan api dengan cepat dan efisien. Media pemadam api adalah zat yang digunakan dalam APAR untuk memadamkan atau mengendalikan kebakaran kecil.

Media ini dirancang untuk memerangi berbagai jenis kebakaran yang dikategorikan ke dalam beberapa kelas berdasarkan sumber bahan yang terbakar. Setiap kelas kebakaran memerlukan jenis media pemadam api yang berbeda untuk mengatasinya.

Setiap jenis media pemadam api ringan berperan vital dalam respons kebakaran untuk beberapa alasan. Pertama, media ini dirancang untuk bertindak cepat yang penting dalam mengendalikan dan memadamkan api sebelum berkembang menjadi lebih besar.

Kedua, dengan berbagai jenis media yang tersedia, APAR dapat disesuaikan untuk menghadapi berbagai skenario kebakaran. Hal ini memastikan bahwa setiap situasi kebakaran dihadapi dengan APAR dengan media pemadam yang paling efektif.

Memahami berbagai jenis media dan menggunakannya secara efektif dalam situasi darurat dapat membuat perbedaan signifikan dalam hasil kebakaran. Hal ini dapat efektif mengurangi risiko kerusakan dan memastikan keamanan semua orang di sekitar.

4 Jenis Media Pemadam Api Ringan dan Kelas Kebakaran yang Bisa Diatasi

Pemahaman tentang jenis media pemadam yang digunakan dalam APAR penting untuk memastikan bahwa kebakaran dapat ditangani secara efektif. Apa aja sih media APAR yang umum digunakan? Berikut adalah jenis media pemadam api ringan dan cara kerjanya:

1. Dry Chemical Powder (Serbuk Kering)

jenis media pemadam api ringan garansi 5 tahun

Dry Chemical Powder adalah salah satu media pemadam kebakaran yang paling umum dan banyak digunakan digunakan. Hal ini karena media powder memiliki kemampuan yang luas dalam memadamkan kebakaran Kelas A, Kelas B, dan Kelas C.

Media ini terdiri dari serbuk kimia yang bisa memutus reaksi rantai pada segitiga api. Bahan kimia seperti Monoammonium Phosphate akan dilepaskan ke udara dan menutupi api, sehingga memisahkan bahan bakar dari oksigen dan memadamkan nyala api.

2. AFFF Foam (Busa)

AFFF (Aqueous Film Forming Foam) adalah jenis media yang efektif untuk memadamkan kebakaran Kelas A dan B. Busa dapat menyebar di atas permukaan bahan bakar dan membentuk lapisan pelindung yang mencegah bahan bakar bercampur dengan oksigen.

Selain itu, kandungan air dalam jenis media alat pemadam api ringan ini juga bekerja dengan mendinginkan bahan bakar dan nyala api. Media AFFF sangat efektif untuk memadamkan kebakaran yang melibatkan bensin, alkohol, dan pelarut lainnya.

3. CO2 (Carbon Dioxide)

jenis media pemadam api ringan bahan co2 ramah lingkungan

Carbon Dioxide adalah media pemadam yang efektif untuk kebakaran Kelas A, B, dan C. CO2 bekerja dengan cepat mengusir oksigen yang diperlukan untuk mempertahankan api dan juga bekerja sebagai pendingin di area yang terdampak kebakaran.

Ketika dilepaskan, CO2 berada dalam bentuk gas yang sangat dingin. Hal ini membantu mendinginkan bahan bakar dan api, sehingga memperlambat reaksi pembakaran. Sama seperti liquid gas, CO2 adalah jenis media pemadam api yang tidak meninggalkan residu.

Baca juga: Bedanya APAR Powder dan CO2 yang Penting untuk Diketahui

4. Liquid Gas

Liquid gas adalah jenis media pemadam api ringan yang menggunakan bahan gas cair. Media ini sangat efektif untuk kebakaran Kelas A, B, dan C. Cara kerja APAR liquid gas adalah dengan menggantikan oksigen di sekitar api dan menurunkan suhu api.

Karena bersifat tidak konduktif dan tidak meninggalkan residu, liquid gas ideal digunakan dalam kebakaran yang melibatkan peralatan elektronik sensitif. Sangat cocok untuk lingkungan di mana residu dari media pemadam lainnya bisa merusak atau mengganggu.

3 Faktor Memilih Jenis Media Pemadam Api Ringan yang Tepat

Oleh karena itu, memahami dan memilih media pemadam yang sesuai dengan potensi kebakaran yang mungkin terjadi di suatu tempat adalah kunci untuk memaksimalkan efektivitas APAR dalam mengatasi kebakaran dengan cepat dan aman.

1. Jenis Kebakaran

jenis media pemadam api ringan serbaguna untuk kelas a b c

Jenis kebakaran dibagi menjadi beberapa kelas. Pemilihan jenis media pemadam api harus didasarkan pada kelas kebakaran yang mungkin terjadi di lokasi tertentu. Berikut adalah klasifikasi kelas kebakaran dan jenis media pemadam api yang tepat untuk mengatasinya:

  • Kelas A: Kebakaran melibatkan bahan bakar padat seperti kayu, kertas, dan tekstil. Powder, foam, liquid gas, dan CO2 adalah media pemadam yang efektif untuk jenis kebakaran ini.
  • Kelas B: Kebakaran yang disebabkan oleh cairan mudah terbakar seperti minyak, bensin, dan pelarut. Foam, CO2, dan powder efektif untuk memadamkan api jenis ini.
  • Kelas C: Kebakaran yang melibatkan peralatan listrik yang dialiri arus listrik. CO2, liquid gas, dan powder adalah pilihan yang tepat karena tidak menghantarkan listrik.
  • Kelas D: Kebakaran yang melibatkan logam yang mudah terbakar. Media khusus seperti serbuk kering untuk logam tertentu perlu digunakan.
  • Kelas K: Kebakaran yang terjadi di dapur, seperti api yang disebabkan oleh minyak atau lemak memasak. Wet chemical khusus dirancang untuk memadamkan jenis kebakaran ini.

2. Risiko dan Lingkungan

Selain mempertimbangkan jenis kelas kebakaran, faktor lingkungan dan risiko spesifik juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Faktor lingkungan dan risiko spesifik lokasi yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih jenis media pemadam api antara lain:

  • Lingkungan Elektronik: Di ruangan dengan peralatan elektronik sensitif, seperti pusat data atau laboratorium, jenis media APAR seperti liquid gas dan CO2 lebih disukai karena tidak meninggalkan residu yang dapat merusak peralatan.
  • Area Publik: Di tempat yang sering dikunjungi banyak orang seperti hotel, sekolah, dan mall, kebutuhan untuk pemadam yang aman dan mudah digunakan oleh orang awam sangat penting.
  • Lingkungan Industri: Pabrik yang mengolah bahan kimia atau bahan mudah terbakar lainnya mungkin memerlukan jenis pemadam khusus yang dapat menangani berbagai jenis kebakaran secara efektif.

3. Keamanan dan Efektivitas

jenis media pemadam api ringan garansi 5 tahun

Keamanan dan efektivitas media pemadam harus menjadi pertimbangan utama. Penting untuk memilih media yang tidak hanya efektif dalam memadamkan api, tetapi juga aman bagi pengguna, orang-orang di sekitarnya, dan lingkungan.

Misalnya, beberapa bahan kimia dalam APAR mungkin beracun atau menghasilkan gas berbahaya saat terbakar. Karena itu, memastikan bahwa media pemadam adalah non-toksik dan tidak berbahaya jika dihirup adalah krusial, terutama di area dengan ventilasi buruk.

Jenis Media Pemadam Api Ringan Powder Anti Gumpal & Masa Expired 5 Tahun

Bingung cari APAR yang berkualitas dan serbaguna? APAR Powder DOB bisa jadi pilihan yang tepat. APAR ini menggunakan media powder berkualitas tinggi yang anti gumpal serta memiliki masa expired hingga 5 tahun, yaitu Monoammonium phosphate.

jenis media pemadam api ringan powder anti gumpal

Monoammonium Phosphate adalah pilihan utama untuk media pemadam karena kemampuannya yang superior dalam memutus reaksi kimia dari api. Media ini efektif terhadap kebakaran kelas A, B, dan C yang membuatnya sangat serbaguna.

Salah satu tantangan utama dalam pemeliharaan APAR adalah kemampuan media pemadam untuk tetap efektif dan bebas dari penggumpalan. APAR Powder DOB dengan monoammonium phosphate dirancang khusus untuk mengatasi masalah ini.

Formulasi anti gumpal memastikan bahwa serbuk tetap halus dan alirannya lancar, bahkan setelah penyimpanan jangka panjang. Dengan masa expired 5 tahun, APAR ini menawarkan kenyamanan dan keamanan jangka panjang tanpa perlu sering mengganti unit.

Menambahkan lapisan keamanan, setiap unit Powder DOB dilengkapi dengan QR code. Untuk apa QR code pada APAR Powder DOB? QR code pada APAR powder DOB terintegrasi dengan Aplikasi Sistem Proteksi Kebakaran No.1 di Indonesia, Firecek.

jenis media pemadam api ringan masa expired ternotifikasi ke hp

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengecek keaslian produk, mengelola inventory data APAR, dan menerima notifikasi ketika mendekati tanggal expired. Integrasi ini bisa membantu kamu dalam memastikan kepatuhan terhadap regulasi keamanan kebakaran.

Meskipun menggunakan jenis media pemadam api berkualitas, APAR Powder DOB ditawarkan dengan harga yang ekonomis. ideal bagi rumah tangga dan bisnis yang mencari proteksi kebakaran tanpa menguras anggaran. Yuk, beli APAR Powder DOB disini!

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *